10 November 2011

Ada Pasukan Naik Bis Patas

Berapa Minggu ini aku ada rutinitas baru, ngantor dari Bekasi… wew… capek sih, tapi tak apalah, hehehe… Aku naek Commuter via Gambir jam jam 8 kurang, turun Gambir terus disambung bis Patas ke Ciledug yang lewat situ. Tengah 9 sih udah sampai Gambir, tapi si bis tau aja banyak yang nungguin jadi nongolnya agak molor sekitar jam 9. Ketika bis datang, wow… penuh banget! Entah ada fenomena apa dibalik ini semua, hanya Tuhan yang tahu. Soalnya nih, yaa… sepenuh-penuhnya selama aku nai bis ini, masih bisa dapat duduk. Parahnya berdiri tapi nggak pernah sepenuh ini. Aku aja sempet di bibir pintu bus sebelum pintu sok otomatisnya memaksa aku dan seorang bapak di depanku masuk juga. Tak berapa lama, banyak banget yang turun. Kebanyakan sih pekerja berseragam biru, huehehe… Akhirnya agak legaan dan aku bisa merengsek ke tengah yang lebih lega. Kemudian pasukan itu muncul dan naik bis.

Pasukan itu terdiri dari ibu-ibu muda menggendong balita dengan jarik, bocah belesan tahun dengan tatapan lempeng dan entah dia remaja atau usia 20 tahunan dengan outfit mau nongkrong di mall tapi fisik tidak bisa membohongi, huehehe… Siapa mereka??? Yak! Mereka adalah pasukan joki 3 in 1!!! Huehehehe… Hampir tiap minggu aku naik bis patas ini sampai hapal ciri-ciri mereka yang tadi sudah aku gambarin. Mereka bayarnya juga gak 6 ribu seperti seharusnya, tapi sekitar 2 – 4 ribu. Nah, jangan heran, ketika sudah di bis timbul percakapan akrab di antara mereka atau sekedar menyapa hangat. Yang mencolok sih penampilan ibu-ibu muda tadi. Semua menggunakan template yang sama… ibu-ibu muda mungkin usia awal 20an, menggendong balita kucel dengan jarik dan fisik ya itu tadi… biasa-biasa aja. Tak jarang bau matahari tercium ketika mereka melintas. Tapi kenapa mereka bela-belain naik bis patas ya? Kemungkinan yang terlintas… tempat mereka nongkrong buat diangkut dilewati si bis atau biar nggak keringetan biar laku diangkut. Kebayang dah naik Kopaja atau Metromini. Udah gerah, jadi kucel deh. Pengangkut mana mau, hehehe… Bis lalu masuk daerah Pakubuwono dan pasukan Joki bergiliran turun. Hehehe… just another morning at Jakarta…

No comments: