11 October 2013

Gravity yang Menarik Hati

Hollywood cukup sering punya “kejutan” buat kita. Tiba-tiba muncul film yang ternyata lebih mantap daripada film-film yang udah kita tunggu jauh hari. Salah satunya Gravity, film yang bahkan tidak terpikir untuk menontonnya.


Secara garis besar Gravity bercerita kehidupan astronaut yang sepertinya bakal biasa aja, tapi ternyata tidak. Hampir 2 jam kita terus diajak untuk tegang mengikuti aksi Sandra di angkasa dan saya angkat jempol buat yang bikin cerita dan Alfonso Cuaron, sutradaranya. Ketegangan dan alur terjaga nyaris sempurna sampai tak terasa film akan berakhir.

Sandra Bullock bermain maksimal kalau dibanding film-film dia sebelumnya. Credit terbesar justru pada tim produksi. Banyak sekali detail-detail yang menurut saya baru dan berani dilakukan di film ini. Seperti ada satu scene ketika pesawat “diserbu” dan hancur-hancuran. Normalnya film-film berefek lainnya akan ada suara menggelegar, nah ini malah hening. Realitasnya memang di angkasa nggak akan ada suara ledakan dan percikan api. Mungkin ada yang berpikir jadi kurang greget malah sebaliknya, lebih dramastis. Detail-detail suara juga sangat diperhatikan dan pokoknya kita jadi bener-bener serasa di sana, mantap! Tim editing baik visual dan khususnya suara saya kasih 4 jempol. Nonton dalam format 3D bahkan IMAX nggak rugi.


Selain itu, memilih tema ini juga sebenarnya “berani” karena bagaimana mungkin bisa bikin film dengan ide sederhana untuk durasi film sekitar 2 jam. Perjudian yang menurutku sangat.. sangat.. berhasil. Pembuktian bahwa untuk membuat sesuatu yang besar, dimulai dengan hal yang sederhana. Oya, awalnya nggak ngeh lalu Nyonya besar nyeletuk ketika scene akhirnya Bullock berhasil masuk ke pesawat dan sejenak melayang, “kayak bayi di kandungan…”. Hehe… yoi, Bullock meringkuk dan melayang dan hanya terdiam seperti pose bayi dalam kandungan. Ternyata Alfonso Cuaron mencoba memasukkan filosofi ke dalam Gravity. Bahkan Bullock di sepanjang film mengalami pergolakan batin hingga akhirnya bangkit dan… yaah ntar spoiler, hahaha… Cuma di ending ada scene dimana seperti bayi yang terlahir kembali dan belajar berjalan menghadapi hidup yang baru. Nice…


Cerita oke dan enak diikuti, efek cukup wow, sinematografinya ciamik, acting bagus, eksekusi dan detail yang luar biasa… jadi kurang apalagi? 4 bintang dari 5 saya berikan.     


No comments: