Bagi yang suka ngikutin acara-acara made in Jepang, pasti pada tau kalo acaranya aneh-aneh. Bahkan nggak cuma acara, restonya pun konon ada yg berkonsep toilet. Mulai tempat duduk pengunjung ala kloset ampek ice cream-nya berbentuk tokay seperti di manga-manga lengkap dengan warna kuningnya (wekzzz!!!). Menurut saya bisa kayak gitu karena satu dugaan yaitu karena ketatnya persaingan.
Dalam dunia pemasaran, semakin ketat persaingan maka perlu sesuatu yang beda dan menarik konsumen. Bahkan kalau perlu menciptakan sebuah positioning baru yang kadang terkesan sengaja dibuat. Karena di Jepang sangatlah padat dari berbagai aspek, para produsen dituntut membuat yang benar-benar beda bahkan yang extreme kalo perlu. Jadinya ya... seperti yang saya sebutkan di awal. Acara TV semakin aneh, konsep resto makin diluar akal sehat dan lain sebagainya. Tujuannya cuma satu.. menarik orang untuk paling nggak menoleh sejenak. Itulah hukum persaingan...
No comments:
Post a Comment